Create a Website

25 August 2009

Jangan Pernah Memiliki

Manusia adalah mahluk yang paling sempurna di dunia ini. Keunggulannya dibandingkan dengan mahluk Allah yang lain adalah manusia mempunyai akal yang digunakan untuk berpikir, maka segala sesuatu yang akan dilakukan haruslah dipikir terlebih dahulu. Selain itu, manusia juga diberi wewenang untuk mengolah dan memanfaatkan apa yang ada di bumi.

Segala sesuatu yang diberikan oleh Allah merupakan titipan, misalnya : anak, istri, rumah, mobil, wajah cakep dan cantik dan sebagainya. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan memelihara apa yang Allah berikan dan mempergunakanya dijalan yang diridhai-NYA akan tetapi kita tidak boleh ada rasa memilikinya, kenapa? Karena jika kita merasa memiliki segala sesuatu yang diberikan oleh Allah maka kita akan merasa kehilangan jika Allah mengambil kembali milik-NYA. Jika semua orang dapat hidup seperti tukang parkir di pasar, maka kita tidak akan merasa demikian. Mengapa kok seperti tukang parkir? Karena tukang parkir dititipi mobil dari mobil mewah hingga mobil jelek. Beliau menjaganya agar mobil yang dititipkan kepadanya tetap seperti keadaan semula. Jika yang empunya mengambil kembali mobilnya, beliaupun ikhlas membiarkanya pergi (karena tidak mempunyai wewenang untuk memilikinya), ya to?

Anak adalah titipan Allah. Kita diberi tugas untuk mendidik dan membimbingnya agar beribadah kepada sang pencipta, Allah. Jika suatu saat Allah mengambilnya kembali (anak tersebut meninggal) kita harus ikhlas menerimanya, bukan menangisinya karena anak adalah titipan Allah kepada kita. Contoh lainnya, wajah cantik dan cakep. Kita harus bersyukur jika Allah memberikan wajah yang cantik dan cakep. Kita tidak boleh sombong dengan kecantikan wajah kita karena semata – mata adalah milik Allah bukan milik kita. Misal saja Allah murka dengan mengambil kembali kecantikan wajah kita (merusak) karena kita telah sombong.

Apa daya kita jika Allah telah berkehendak demikian? Kita harus ikhlas dan pandai bersyukur karena segala sesuatu yang kita punya di dunia adalah milik-NYA dan Allah berhak mengambilnya anytime dan anywhere.

0 komentar:

Post a Comment

hi ALL...
thanks for reading my post.
I would be glad if you give me some comment about this post...