Create a Website

10 June 2009

Melemaskan otot-otot mata

Mata merupakan bagian dari tubuh yang berguna untuk melihat. Mata harus selalu dirawat dan dijaga agar dapat berfungsi dengan baik. Tanpa disadari aktivitas kita sehari – hari telah ‘mendzolimi’ mata kita misalnya : bekerja di depan komputer tanpa beristirahat, atau membaca dengan posisi tubuh yang tidak tepat. Hal – hal tersebut dapat menyebabkan otot – otot mata kita menjadi tegang akibatnya mata kita terasa pedih, berwarna merah bahkan dapat menyebabkan rabun ataupun katarak. Oleh karena itu, perlu mengistirahatkan mata sejenak dengan cara : meletakan telapak tangan di masing-masing mata. Setelah kedua mata tertutup oleh telapak tangan dan tak ada cahaya yang masuk melalui sela-sela jari, biarkan mata terbuka. Tahan posisi itu beberapa saat dan pastikan, Anda benar-benar melihat kegelapan. Kemudian pandangilah sesuatu yang berwarna hijau disekitar anda (untuk memudahkannya tembok ruangan anda bekerja perlu dicat dengan warna hijau dan tambahkan aksesoris ruangan anda dengan tanaman hias yang daunnnya lebat/lukisan pemandangan). Maka Lakukan hal tersebut beberapa kali sehari.
Selain mengistirahatkan mata sejenak di sela-sela aktivitas, Anda juga dapat merawat kedua mata anda dengan melakukan senam mata yaitu :

  • Pijat daerah bawah kedua mata menggunakan jari tengah
  • Tekan sedikit dan rasakan otot-otot mata yang kaku (jika baru pertama kali mencoba, jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan nyeri kepala)
  • Kemudian, beralih pada tulang atas mata. Berikan pijatan beberapa kali.
  • Pijat bagian urat-urat yang kaku di bagian atas mata dekat hidung, lalu arahkan ke sudut mata dan pijat perlahan. Lalu pindah ke otot-otot di bagian atas alis.
Selalu sediakan obat tetes mata, dan tetesi mata anda jika diperlukan. Lakukan hal-hal di atas secara rutin. Dan, yang terpenting adalah jangan 'mendzolimi' mata anda dengan memforsirnya tanpa beristirahat.

0 komentar:

Post a Comment

hi ALL...
thanks for reading my post.
I would be glad if you give me some comment about this post...