Create a Website

19 June 2009

KHASIAT ROSELA MERAH

Mungkin belum banyak orang mengetahui tentang rosela. Rosela mempunyai nama latin hibiscus sabdariffa. Tanaman ini merupakan tanaman musiman. Bunga tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai teh, caranya dengan menjemur kelopak bunga rosela hingga kering seperti membuat teh dari daun teh hijau. Kemudian menyeduhnya dengan air panas dan gula secukupnya. Rasanya sedikit berbeda dengan teh yang lain yaitu sedikit asam. Rosela dapat dimanfaatkan sebagai selai, manisan sirup dan teh. Saat ini para produsen herbal telah memproduksi rosela dalam bentuk yang praktis (mudah dikonsumsi) yaitu teh celup dan kapsul.

Menurut penelitian Abd Al-Aziz Sharaf (1962) dari Sudan Research Unit, Institute of African and Asian Studies mengatakan bahwa rosela merah mempunyai khasiat menurunkan tekanan darat (hipotensif), anti kejang saluran pernafasan, anticacing (antimeltik) dan anti bakteri (zat warna rosela merah dapat membunuh micobacterium tuberculosis, bakteri TBC). Selain itu rosela merah juga dapat mengatasi batuk, asam urat, kolesterol, radikal bebas dan sebagai penyegar. Jika anda bosan meminum obat – obatan kimia dan takut menjalani pengobatan secara konvensional maka beralihlah dengan cara herbal maka cobalah dengan mengkonsumsi teh rosela merah secara teratur (tanpa efek samping)

Berikut pernyataan masyarakat setelah mengkonsumsi rosela merah sebagai obat herbal :

"Alhamdulillah, setelah tiga bulan minum teh rosella merah, gula darah saya turun dari 320 menjadi 101 dan tekanan darah saya juga membaik," ujar H lili Sadeli (58 th, 2007).

Lina (29 th, 2007) yang awalnya tersiksa dengan detuk jantungnya yang tidak normal sehingga membuatnya sulit tidur. "Mau ke dokter takut didiagnosis penyakit berat dan biayanya pasti nggak sedikit," dalihnya. Warga Perumahan Taman Legian, Sentul (Bogor) ini akhirnya mencoba teh rosella merah untuk mengatasi gangguan kesehatannya. bobot badannya pun turun sekitar 7 kg dalam waktu konsumsi selama satu tahun. ''Meskipun sudah merasa sehat, saya tetap minum teh rosela merah agar tetap bugar dan menjaga berat badan," ujar Lina

0 komentar:

Post a Comment

hi ALL...
thanks for reading my post.
I would be glad if you give me some comment about this post...