Create a Website

10 June 2009

Budidaya Rosela Skala Kecil





rosela mempunyai nama latin hibiscua sabdariffa. Rosela merupakan tanaman musiman dan dapat digunakan sebagai tanaman penghias pagar rumah atau pekarangan. Saat ini lebih dari 100 jenis rosela tumbuh di Indonesia, akan tetapi rosela bebrbunga merah paling banyak dibudidaya di Indonesia. Membudidaya tanaman rosela tidak bergitu sulit, adapun tahap pembudidayaannya adalah :


Penyiapan lahan tanam

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan media tanam yang digunakan sebaiknya berupa lahan terbuka. Dengan lahan terbuka rosela dapat tumbuh setinggi 2-3 m. Kemudian lahan tersebut dibuat alur setinggi 15-20 cm dan diberi pupuk kandang secukupnya (2 kg/10 m2). Lahan dilubangi dengan jarak antar lubang 1 m (seperti menanam kacang hijau).

Pembenihan
Biji rosela direndam dalam air selam 24 jam agar berubah bentuk menjadi kecambah. Tanamlah kecambah rosela pada lahan tanam kemudian lubang tanam ditutupi dengan kapas basah selama 2-3 hari. Hal ini dilakukan agar kelembaban kecambah rosela tetap terjaga dan menghindari dari gangguan serangga.

Pemeliharaan
Setelahberumur 1-2 bulan tanaman rosela diberi pupuk urea : NPK (4:3) sebanyak 10-25 gram/pohon. Untuk penanganan hama (ulat daun, belalang dan kutu daun) gunakan pestisida organik. Pada saat tanaman rosela berbunga (umur 3-4 bulan), tanaman rosela memerlukan air yang sedikit untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas bunga.
Panen dan pasca panen
Kelopak rosela dapat dipanen saat biji telah tua yang ditandai dengan kulit pembungkus biji berwarna coklat dan sedikit membelah. Pemetikan dilakukan dengan bantuan alat (gunting/pisau). Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan batang tanaman rosela. Setiap pohon dapat menghasilkan 200-1000 gram kelopak basah (20-100 gram kelopak kering) dan biji kering 2-3 kali bobot kelopak kering. Jika tanaman rosela tidak berbunga lagi hendaknya langsung diganti dengan tanaman yang baru untuk menjaga kontinuitas hasil kelopak bunga rosela.

0 komentar:

Post a Comment

hi ALL...
thanks for reading my post.
I would be glad if you give me some comment about this post...