Create a Website

30 May 2009

UNS masuk 200 besar Asia


Universitas Sebelas Maret (UNS) solo lahir tanggal 11 Maret 1976 melalui surat KepPres No. 10 Th. 1976 tanggal 8 Maret 1976 semula bernama Universitas Negeri Surakarta (UNS) yang merupakan penggabungan 5 unsur Perguruan Tinggi di Surakarta yaitu :
1. IKIP Surakarta
2. Sekolah Tinggi Olahraga (STO)
3. Akademi Administrasi Niaga (AAN)
4. Universitas Gabungan Surakarta (UGS)
5. Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) Veteran cabang Surakarta.

Sejak lahir UNS terdiri dari 9 Fakultas yaitu :
1. Fakultas Ilmu Pendidikan (sekarang FMIPA)
2. Fakultas Keguruan (sekarang FKIP)
3. Fakultas Sastra dan Budaya (sekarang FSSR)
4. Fakultas Sosial dan Politik (sekarang FISIP)
5. Fakultas Kedokteran
6. Fakultas Pertanian
7. Fakultas Teknik
8. Fakultas Hukum
9. Fakultas Ekonomi

Sekarang UNS telah berumur 33 tahun, seiring dengan berjalannya akhirnya UNS masuk Universitas terbaik dari 200 universitas terbaik se-Asia menurut laporan The Higher Education Suplement-Quacquarelli Symonds (THES QS) Asia, Mei. Lembaga THES-QS berpusat diLondon dan setiap tahunnya akan menerbitkan buku panduan untuk mahasiswa pencari universitas di dunia. Pada tahun ini, Indonesia mengirimkan 8 Universitas yang masuk dalam daftar 200 Universitas terbaik se-Asia. Diantaranya : Universitas Indonesia (50), Universitas Gajah Mada (63), Institut Teknologi Bandung (80), Institut Pertanian Bogor (119), Universitas Airlangga (130) , Universitas Sebelas Maret dan Universitas Diponegoro (171) dan Universitas Brawijaya (191). “Peringkat UNS sejajar dengan UNDIP Semarang dan berada diatas UNBRAW Malang,” kata Rektor UNS Prof.Dr.Much Syamsulhadi,dr.Sp.Kj(K). di kampus Kentingan Solo, Senin (Solopos, 25/5).
Peringkat tersebut disusun dengan menilai kualitas penelitian, sitasi dalam jurnal internasional, kualitas pembelajaran, angka mahasiswa dan tenaga pengajar asing di UNS, angka dosen UNS yang aktif di universitas luar negeri, dan keterlibatan alumni UNS di lembaga-lembaga atau industri dunia. Untuk selanjutnya, UNS akan ikut serta dalam ranking dunia dengan pedoman diterimanya 23 orang dosen UNS untuk menempuh program S-3 di luar negeri dengan biaya DIKTI, mereka akan berangkat 2009, ke beberapa universitas di Eropa, Australia dan Asia.

Pencapaian ini merupakan kebanggaan yang luar biasa karena pada beberapa tahun yang lalu ketika seseorang ditanya tentang UNS, kebanyakan mereka menjawab tidak tahu, Universitas mana tuh bahkan emang ada UNS?. Sungguh ngiris!!. Hal ini bisa digunakan untuk membuktikan pernyataan tersebut dan memacu semangat pihak – pihak akademisi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menjadikan UNS sebagai Universitas Nomor Satu baik di Indonesia, di Asia maupun di Dunia.

0 komentar:

Post a Comment

hi ALL...
thanks for reading my post.
I would be glad if you give me some comment about this post...